Senin, 31 Juli 2017

Cara mengatasi kulit kusam dan kering dengan mudah

Sofwaherbal - Memiliki kulit yang sehat, cantik dan lembut adalah dambaan setiap orang. Tapi terkadang banyak hal yang menyebabkan kulit cenderung kering dan tidak sehat. Bahkan jika kulit mengalami kekeringan yang parah bisa mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Untuk mengatasi kulit yang kering, tentunya kita harus mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan kulit kering.

Cara mengatasi kulit kusam dan kering dengan mudah

Gejala kulit kering yang sering muncul adalah permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. Selain itu, pemilik kulit kering sering mendapati permukaan kulit mereka terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Bahkan kemerahan dan rasa gatal juga biasanya muncul.
Gejala lain yang sering muncul adalah adanya retakan garis di bagian kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan mengelupas. Dalam kondisi yang sudah cukup parah, terdapat sebuah retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Gejala-gejala tersebut dapat muncul terkait dengan beberapa penyebab diantaranya:
  • Iritasi yang disebabkan karena pakaian, parfum, deterjen, dsb.
  • Menggosok kulit terlalu keras
  • Bertambahnya usia seseorang – semakin tua kulit semakin kering
  • Berhanduk terlalu kering setelah mandi
  • Pemakaian sabun yang salah
  • Perubahan cuaca
  • Mandi air/uap panas yang berlebihan

Penyebab kulit menjadi kering

  • Pemakaian sabun yang salah
  • Bertambahnya usia
  • Kurang minum
  • Perubahan cuaca/ suhu
  • Iritasi akibat parfum, deterjen atau produk kimiawi lainnya
  • Tidak menggunakan pelembab kulit

Cara Mengatasi Kulit Kering


Kulit kering dapat menganggu kenyamanan aktivitas Anda. Mengatasi kulit kering ternyata tidak sulit. Anda tidak harus pergi ke dokter kecantikan dan mengeluarkan biaya banyak. Anda bisa mengatasi kulit kering dengan melakukan perubahan – perubahan pola hidup seperti dibawah ini :

1. Minum banyak air putih

Dehidrasi tubuh sangat penting. Air merupakan komponen paling besar dalam tubuh. Penuhi kebutuhan minum Anda setiap hari minimal 1,5 liter per hari. Tambahkan asupan cairan ketika Anda sedang beraktivitas.

2. Ubah frekuensi dan durasi mandi

Frekuensi mandi yang terlalu sering dan durasi mandi yang terlalu lama dapat membuat kulit Anda semakin kering. Pastikan Anda mempunyai frekuensi mandi secukupnya dan durasi mandi yang tidak terlalu lama.

3. Gunakan sabun pelembab

Sabun pelembab akan membantu memberi kelembaban ekstra pada kulit Anda.

4. Gunakan lotion pelembab setelah mandi

Lotion pelembab membantu melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering. Jika konsumsi air minum merupakan proses hidrasi tubuh dari dalam, maka pemberian lotion pada kulit merupakan hidrasi tubuh dari luar.

5. Hindari paparan cahaya matahari langsung

Cahaya matahari langsung mengandung sinar UV yang buruk untuk kulit. Selain membuat kulit kering, sinar UV juga sebagai penyebab penyakit – penyakit pada kulit. Hindari paparan cahaya matahari langsung ke kulit Anda.

6. Lakukan olahraga

50 % orang dengan kulit kering kurang melakukan olahraga. Pengeluaran keringat saat olahraga membantu melembabkan kulit secara alami.

7. Makan buah – buahan dan sayuran secara teratur

Buah – buahan dan sayuran hijau baik untuk kelembaban kulit krena mengandung air yang cukup banyak. Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang tinggi membantu memberikan kesegaran pada sel kulit Anda.

Demikian berbagai cara alami untuk merawat kulit kering. Semoga bermanfaat!

Cara mengatasi kulit kusam dan kering dengan mudah

0 komentar